Si Bungsu di Mulutku :'(


Begini nih nasib cewe single yang merindukan sebuah ikatan pernikahan: PENYAKITAN. 😆

Hari minggu kemarin, sebenernya aku ada rencana ngumpul sama temen YISC, moment yang kunanti-nantikan, secara aku udah kangen banget sama mereka. Tapi BATAL. Ceritanya minggu paginya itu pas bangun, rahangku susah dibuka. Sakit di pipi sampai tenggorokan. Dibuat nelen juga sakit. Soal nelen sakit sih sebenernya udah mulai berasa dari hari Jumat. Tapi minggu itu tuh sakitnya berasa banget. Sempet terlintas, mungkinkah gondongan??

Sorenya ke puskesmas kembangan (karena lagi di rumah nenek), kata dokter sih radang, bukan gondongan. Dikasih obat radang, demam, dan vitamin. Karena aku ngga merasa demam, ngga kuminum parasitamolnya. Cuma obat radangnya, itupun sekali, sepulangnya dari puskesmas. Besoknya ngga kuminum lagi *edisi anti obat kimia*. Kalau vitaminnya sih kuminum setiap hari. Bentuknya kecil dan warnanya kuning. Vitamin C kali ya. Tapi kok pahit. Ngga kayak vitacimin. >.<

Untuk mengobati radangnya, aku cuma minum madu 2 sdm setiap hari. Dan Alhamdulillah sembuh. Tapi gusiku masih berasa sakit. Akhirnya kemarin ngga jadi ikut rihlah YISC juga dan malah ke dokter gigi. Bu dokter bilang, gusinya agak bengkak karena terdesak gigi bungsu yang numbuh. Sebenernya si bungsu ini numbuhnya udah lama, tapi memang ngga sempurna. Sebagian bodynya tertutup gusi. Dan memang ini bukan pertama kalinya aku merasakan sakit di gusi kanan bagian belakang.

Bu dokter menyarankan aku untuk mencabut si bungsu, lebih bagus lagi sekalian pasang behel supaya yang lain letaknya teratur dan ngga bikin sakit lagi. Tapiiii…pasang behel itu butuh waktu kurang lebih 2 tahun (malu ah) dan biayanya itu lhoo.. 5.000.000. Mendingan duitnya kupake buat beli impianku yang disini.

Lalu bu dokter juga menyarankan aku untuk minum obat.

aq: obatnya apa bu?

drg: amoxilin dan kataflam.

aq: ooohh.. Itu.

drg: pernah minum?

aq: engga sih dok, ibu yang suka minum itu.

Kemudian bu dokter mengambilkan 1 strip amoxilin. Dan mataku melotot melihatnya sambil menelan ludah. Gilingaann..obatnya segede alaihim gitu. Ngga bakal gue minum. Batinku. Dan aku mulai berkonspirasi.

aq: hmm.. Bu, kayaknya masih ada dech obatnya di rumah.

drg: oh ada?

aq: ia kayaknya. Ya nanti dech diliat dulu. (Mau ada/engga, intinya aku ngga mau minum itu 😆 )

dgr: ooh yaudah. Liat aja dulu. Gampang nanti kalau ngga ada.

aq: ia bu.. *nyengir nyengir* (yes, berhasil) 😆

Dan akhirnya beginilah aku. Masih dengan keluhan si bungsu. Cabut gigi?? Ngebayanginnya aja udah ngeri. Pasang behel?? Kalau calon suamiku mau biayain sih gak apa.

Tanya calon dokter aaahh… Ada solusi lain ngga sih kak nit???

***

Untuk sementara ini sih, aku pakai jurus jitu dulu untuk ngobatinnya: Herbal.

Kata Om Jerry di bukunya ini, masalah gigi dan gusi bisa sembuh dengan mengolesi minyak jintan hitam. Kupikir, itu sih gampang, bisa kulakukan di kantor. Tapi aku lupa satu hal. Jinten hitam di kantorku habis dan belum kubeli lagi, aku lupa bawa pula dari rumah.

Jadi hari ini masih harus bersabar menghadapi si bungsu. Semoga saja bisa jadi penggugur dosa. Aamiin.

Kutipan isi Buku Rasululloh is My Doctor


“Iman merupakan faktor yang sangat penting atas hasil atau keberhasilan pengobatan kenabian” (hal 26)

“Pengobatan Nabi tidak akan lengkap tanpa terlebih dahulu berkata Bismillahirrohmanirrohim” (hal 28)

“Wudhu adalah pembuka bagi disembuhkannya setiap penyakit” (hal 28)

“Anda harus meletakkan semua kepercayaan Anda kepada Alloh SWT, tidak peduli apa yang terjadi” (hal 36)

“Orang-orang zaman sekarang lebih suka meminum obat yang memiliki efek samping yang berbahaya…tanpa kemampuan untuk membersihkan rohani Anda dan tidak dapat menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan jiwa.” (hal 43)

“Saya mulai meminum jintan hitam setiap hari. Hanya dalam tiga hari saya dibuat kagum mengetahui level energi dan stamina saya meningkat…kuku jari saya mulai bersinar…gas parah pada perut saya dan diare yang hampir setiap dua minggu muncul mulai menghilang.” (hal 81)

“Ada penyembuhan dalam jintan hitam untuk semua penyakit, kecuali kematian (HR Bukhori)” (hal 82)

“Istri saya sudah menderita kanker stadium ketiga..seorang saudara “salafi” dari masjid lokal menyarankan untuk mengkonsumsi jintan hitam tiga kali sehari dicampur dengan madu lokal dan meminum bawang putih dicampur dengan madu..selama tiga bulan..setelah pemeriksaan di Dubai, dokter menyatakan tidak ada jejak sel-sel kanker sama sekali..dan Alhamdulillah, sudah tidak ada pertumbuhan lagi. Story by: Mujaahidirlande” (hal 82-84)

“Tidak ada penyakit Alloh SWT ciptakan, kecuali Dia juga membuat obatnya (HR Bukhori)” (hal 110)

“Menjadi jelas bagi saya bahwa beratus-ratus tablet yang saya konsumsi sepanjang hidup saya secara perlahan-lahan membunuh saya dan bukannya menyembuhkan saya, ini sangat berlawanan dengan apa yang digembar-gemborkan perusahaan-perusahaan farmasi besar” (hal 118)

“Memakai kacamata tidak menyembuhkan mata saya, bahkan ia membuat mata saya semakin parah” (hal 125)

“Tidak ada dari apa yang akan saya ajarkan kepada Anda yang belum pernah saya coba pada diri saya sendiri” (hal 138)

“Alloh SWT menciptakan tubuh kita dengan kemampuan menyembuhkan dirinya sendiri secara alami. Peliharalah tubuh Anda, insya Alloh ia akan memelihara Anda” (hal 154)

“Industri medis dewasa ini tidak ingin Anda tahu tentang ramuan/pengobatan yang tercatat di atas…mereka akan melakukan apapun dengan menakut-nakuti Anda dan meyakinkan Anda bahwa menggunakan obat-obatan kimia buatan yang mereka jual-padahal banyak yang memiliki efek samping berbahaya-lebih baik bagi Anda daripada ramuan-ramuan yang tercatat di atas” (hal 210)

“Orang-orang ini benar-benar menganggap kita bodoh. Mereka membayar media jutaan dolar untuk mempromosikan produk mereka. Produk yang bukannya meningkatkan kualitas kesehatan kita, tetapi justru menghancurkan tubuh kita karena membuat tubuh kita bergantung pada obat artificial untuk meningkatkan kesehatan” (hal 210)

“Berapa banyak orang yang Anda tahu yang berada pada masalah keuangan serius atau pernah hancur keadaan finansialnya karena ketagihan obat dan perawatan yang tinggi? Bukankah lebih baik jika Anda menjaga tubuh Anda dan mulai menggunakan obat-obatan pasar daripada obat modern jika masih memungkinkan?” (hal 210)

“Lebih dari 700.000 orang Amerika meninggal setiap tahun di tangan obat-obatan yang disediakan pemerintah, sementara FDA dan badan pemerintah lainnya berpura-pura melindungi masyarakat dengan cara melecehkan orang-orang yang menawarkan pengobatan alternatif yang labih aman” (hal 215-216)

“Amerika Serikat adalah sebuah Negara yang berisi para pecandu obat-obatan. Bukan obat-obatan yang dijual oleh pedagang narkoba, tapi justru obat-obatan yang dijual secara sah” (hal 216)

“Dewasa ini sebagian besar penduduk dunia mengonsumsi makanan dan obat-obatan yang telah tercampur oleh zat-zat sintetis. Zat-zat yang terbukti berbahaya bagi kesehatan Anda!” (hal 217)

“Saya yakin akan banyak dokter yang akan marah membaca pernyataan saya ini. Saya tidak peduli! Hanya dokter yang tidak peduli yang akan marah dengan pernyataan saya itu” (hal 219)

“Sebagian besar obat yang Anda temukan di apotek-apotek tidak benar-benar menyembuhkan penyakit. Obat-obat itu hanya mengobati gejala-gejala atau efek-efek dari penyakit tersebut…dengan kata lain, Anda merasa lebih baik, tetapi Anda masih sakit. Sebagian besar obat farmasi (jika tidak boleh disebut semua) jahat pada tubuh dan organ-organ internal Anda” (hal 220)

“Jagalah kesehatan dan berusahalah untuk lepas dari segala jenis obat kimiawi! Makanlah dengan pola makanan alamiah, makanan-makanan organik, olahraga yang teratur, berjemurlah di bawah sinar matahari..dan hindari bahan-bahan kimia yang beracun di rumah Anda” (hal 225)

“Bukti bahwa yang telah saya berikan kepada Anda dalam bab ini didasarkan pada kesaksian, laporan dari para ilmuwan, dokter, professor, lembaga pemerintah, dan lembaga terkait” (hal 265)

“Alloh SWT menciptakan kita ke dunia ini dalam keadaan murni, bersih, dan sehat. Melalui ketidak-tahuan kita dan kurangnya perhatian, kita telah menghancurkan kesehatan kita sendiri dengan menempatkan kepercayaan kita pada orang-orang yang berorientasi pada keuntungan dan yang benar-benar tidak peduli tentang kesehatan Anda. Semakin tidak sehat Anda, semakin banyak obat yang Anda beli dan semakin kayalah perusahaan-perusahaan farmasi besar” (hal 265)

dikutip dari bukunya

Aaaggghh.. Kepalaaakuu..


Belakangan ini, badanku lagi ngga fit. Yang paling parah migrainnya kambuh. Biasanya diminumin herbal juga udah mendingan. Tapi kali ini sampai berhari-hari, timbul tenggelam gitu. Padahal minum herbal udah, minum madu udah, minum jahe udah, dibalurin safe care area tertentu (leher, pelipis, jidat) udah, tapi masih aja kambuh ni pagi. Stress.. Ga tau lagi harus gimana nyembuhinnya. Akhirnya browsing-browsing lagi tentang migrain, bosen juga sih, soalnya hampir tiap migrain search di mbah google, dan artikelnya kurang lebih sama. Tapi hari ini nemu yang agak beda, sengaja di post disini biar ngga lupa, jadi nanti kalau kambuh lagi, ga usah googling lagi.

Assalamu’alaikum wr. wb.

Saya sering sekali migrain dan perut kembung apa penyebabnya dan apa obatnya? Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Teguh Prasetyo
abu_hasna at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Migrain, atau sakit kepala sebelah merupakan bagian dari sakit kepala (headache) yang disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah, atau terhambatnya asupan oksigen ke kepala.

Migrain adalah bentuk sakit kepala yang dimulai pada satu sisi dan menetap, berdenyut disertai mual dan terasa lebih berat pada posisi membungkuk. Frekuensi serangan bisa setiap minggu, bisa setiap bulan. Bentuk spesifik didahului penglihatan berkunang-kunang, di tengah bidang pandang muncul bintik-bintik terang benderang.

Beberapa saat kemudian bintik menjadi sebesar telur menyebar ke samping kiri dan tampak kabur atau gelap d tengahnya, di kelilingi cahaya terang. Setelah 5 menit, secara perlahan bayangan memudar. Pada saat itu rasa nyeri pada sebelah kepala mulai datang, berdenyut-denyut disertai rasa mual.

Hampir semua pusing migrain berhubungan dengan pembuluh darah kepala dan leher. Pencetusnya bisa karena perubahan hormon saat masa haid atau saat pemakaian pil KB. Bisa juga karena perubahan temperatur yang mendadak, psikis, makanan, atau obat yang merangsang.

Bila anda menderita migrain dan perut kembung bersamaan, penyebabnya mungkin dari pola makan dan makanan yang anda konsumsi mengandung banyak nitrat dan monosodium glutamat (MSG).

Makanan yang bersifat merangsang, entah itu mengandung MSG, tyramin, dopamin, kafein, atau zat nitrat yang banyak terdapat pada daging sapi olahan, sosis, atau mie instant, pada orang yang peka memang bisa langsung mengganggu fungsi pembuluh darah kepala atau leher. Pasalnya, beberapa puluh menit setelah makanan masuk ke dalam perut, terjadilah penyempitan pembuluh darah. Rasa pusing bisa timbul akibat mengembangnya kembali pembuluh tersebut. Pusing karena makanan pada umumnya hanya terasa pada satu sisi, entah berdenyut atau berat sebelah.

Ketika migrain menyerang, cobalah lakukan cubitan. Bila yang dialami adalah migrain (nyeri kepala sebelah), cubit kulit telapak tangan yang terbentang antara ibu jari dan telunjuk dari tangan sisi yang sama dengan sumber nyeri. Maksudnya, bila migrain berasal dari sebelah kiri kepala, maka lakukanlah cubitan di telapak kiri. Tahan cubitan hingga beberapa menit. Bila sakitnya disertai ketegangan (tension headache), pijat tonjolan yang terletak antara leher dan belakang (pas di belakang daun telinga) selama 10-15 menit.

Jika tidur, tidurlah dengan posisi yang benar, karena posisi tidur akan menentukan apakah anda akan bangun dengan sakit kepala atau tidak. Tidur tengkurap dapat menyebabkan nyeri kepala karena otot-otot di leher menjadi tegang dan berkontraksi. Cobalah tidur terlentang. Bila anda seorang yang tidak bisa diam ketika tidur, gunakan bantal tipis untuk menahan leher agar bisa tidur nyaman di tempat.

Bila anda sedang salat, saat sujud, tekanlah dahi ke sajadah atau tikar, bebankan dahi dengan berat badan anda. Hal ini dapat memperlancarkan aliran darah dari jantung ke kepala. Karena, ketika sujud, posisi jantung ada di atas kepala. Semakin lama anda sujud semakin baik untuk melancarkan asupan oksigen secara maksimal ke otak, selama sujud anda terus berdoa meminta kesembuhan kepada Allah.

Ada baiknya jangan terlalu sering minum obat anti migrain atau sakit kepala. Karena rutin menelan obat penghilang nyeri bisa membuat nyeri kepala bertambah parah, yang dinamakan kondisi bumerang (rebound). Baik obat resep maupun yang dijual bebas, bila dikomsumsi terlalu sering bisa menurunkan toleransi anda terhadap rasa sakit. Sebagai patokan umum, dalam kondisi normal, sebaiknya anda tidak menelan pil lebih dua kali dalam sebulan. Berbeda dengan herba yang tidak mempunyai efek samping sama sekali, bahkan bersifat menyembuhkan secara menyeluruh.

Untuk mengatasi migren yang saat menganggu aktifitas itu, disarankan selalu melakukan olahraga kecil, seperti jogging dan senam. Hindari minum kopi yang berlebihan. Karena zat caffein yang ada di dalam kopi sangat cukup berpengaruh membentuk terjadinya migren. Meski, untuk sebagian orang, sakit kepala bisa disembuhkan dengan kopi.

Cadangan HPA untuk mengatasi masalah migrain dapat menggunakan Herba Tuju Angin, Teh Asiatica, dan Omega 3 Gel.

sumber : http://jahrudin.multiply.com/journal/item/4/Migrain

Hmm..  Baru inget, minggu lalu aku keseringan makan mie instan, udah gitu jarang olahraga, paling cuma jalan kaki atau lari-lari ngejar bus, hehe.. Mungkin itu kali ya penyebab nih migrain kambuh ngga sembuh-sembuh.

Udah niat pengen ke dokter malam ini, tapi aku coba-coba terapi cubit seperti di artikel itu dulu ah, lumayan ngefek juga, kali aja langsung sembuh. 😛

Senin, 15 Oktober 2012