Aaaggghh.. Kepalaaakuu..


Belakangan ini, badanku lagi ngga fit. Yang paling parah migrainnya kambuh. Biasanya diminumin herbal juga udah mendingan. Tapi kali ini sampai berhari-hari, timbul tenggelam gitu. Padahal minum herbal udah, minum madu udah, minum jahe udah, dibalurin safe care area tertentu (leher, pelipis, jidat) udah, tapi masih aja kambuh ni pagi. Stress.. Ga tau lagi harus gimana nyembuhinnya. Akhirnya browsing-browsing lagi tentang migrain, bosen juga sih, soalnya hampir tiap migrain search di mbah google, dan artikelnya kurang lebih sama. Tapi hari ini nemu yang agak beda, sengaja di post disini biar ngga lupa, jadi nanti kalau kambuh lagi, ga usah googling lagi.

Assalamu’alaikum wr. wb.

Saya sering sekali migrain dan perut kembung apa penyebabnya dan apa obatnya? Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Teguh Prasetyo
abu_hasna at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Migrain, atau sakit kepala sebelah merupakan bagian dari sakit kepala (headache) yang disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah, atau terhambatnya asupan oksigen ke kepala.

Migrain adalah bentuk sakit kepala yang dimulai pada satu sisi dan menetap, berdenyut disertai mual dan terasa lebih berat pada posisi membungkuk. Frekuensi serangan bisa setiap minggu, bisa setiap bulan. Bentuk spesifik didahului penglihatan berkunang-kunang, di tengah bidang pandang muncul bintik-bintik terang benderang.

Beberapa saat kemudian bintik menjadi sebesar telur menyebar ke samping kiri dan tampak kabur atau gelap d tengahnya, di kelilingi cahaya terang. Setelah 5 menit, secara perlahan bayangan memudar. Pada saat itu rasa nyeri pada sebelah kepala mulai datang, berdenyut-denyut disertai rasa mual.

Hampir semua pusing migrain berhubungan dengan pembuluh darah kepala dan leher. Pencetusnya bisa karena perubahan hormon saat masa haid atau saat pemakaian pil KB. Bisa juga karena perubahan temperatur yang mendadak, psikis, makanan, atau obat yang merangsang.

Bila anda menderita migrain dan perut kembung bersamaan, penyebabnya mungkin dari pola makan dan makanan yang anda konsumsi mengandung banyak nitrat dan monosodium glutamat (MSG).

Makanan yang bersifat merangsang, entah itu mengandung MSG, tyramin, dopamin, kafein, atau zat nitrat yang banyak terdapat pada daging sapi olahan, sosis, atau mie instant, pada orang yang peka memang bisa langsung mengganggu fungsi pembuluh darah kepala atau leher. Pasalnya, beberapa puluh menit setelah makanan masuk ke dalam perut, terjadilah penyempitan pembuluh darah. Rasa pusing bisa timbul akibat mengembangnya kembali pembuluh tersebut. Pusing karena makanan pada umumnya hanya terasa pada satu sisi, entah berdenyut atau berat sebelah.

Ketika migrain menyerang, cobalah lakukan cubitan. Bila yang dialami adalah migrain (nyeri kepala sebelah), cubit kulit telapak tangan yang terbentang antara ibu jari dan telunjuk dari tangan sisi yang sama dengan sumber nyeri. Maksudnya, bila migrain berasal dari sebelah kiri kepala, maka lakukanlah cubitan di telapak kiri. Tahan cubitan hingga beberapa menit. Bila sakitnya disertai ketegangan (tension headache), pijat tonjolan yang terletak antara leher dan belakang (pas di belakang daun telinga) selama 10-15 menit.

Jika tidur, tidurlah dengan posisi yang benar, karena posisi tidur akan menentukan apakah anda akan bangun dengan sakit kepala atau tidak. Tidur tengkurap dapat menyebabkan nyeri kepala karena otot-otot di leher menjadi tegang dan berkontraksi. Cobalah tidur terlentang. Bila anda seorang yang tidak bisa diam ketika tidur, gunakan bantal tipis untuk menahan leher agar bisa tidur nyaman di tempat.

Bila anda sedang salat, saat sujud, tekanlah dahi ke sajadah atau tikar, bebankan dahi dengan berat badan anda. Hal ini dapat memperlancarkan aliran darah dari jantung ke kepala. Karena, ketika sujud, posisi jantung ada di atas kepala. Semakin lama anda sujud semakin baik untuk melancarkan asupan oksigen secara maksimal ke otak, selama sujud anda terus berdoa meminta kesembuhan kepada Allah.

Ada baiknya jangan terlalu sering minum obat anti migrain atau sakit kepala. Karena rutin menelan obat penghilang nyeri bisa membuat nyeri kepala bertambah parah, yang dinamakan kondisi bumerang (rebound). Baik obat resep maupun yang dijual bebas, bila dikomsumsi terlalu sering bisa menurunkan toleransi anda terhadap rasa sakit. Sebagai patokan umum, dalam kondisi normal, sebaiknya anda tidak menelan pil lebih dua kali dalam sebulan. Berbeda dengan herba yang tidak mempunyai efek samping sama sekali, bahkan bersifat menyembuhkan secara menyeluruh.

Untuk mengatasi migren yang saat menganggu aktifitas itu, disarankan selalu melakukan olahraga kecil, seperti jogging dan senam. Hindari minum kopi yang berlebihan. Karena zat caffein yang ada di dalam kopi sangat cukup berpengaruh membentuk terjadinya migren. Meski, untuk sebagian orang, sakit kepala bisa disembuhkan dengan kopi.

Cadangan HPA untuk mengatasi masalah migrain dapat menggunakan Herba Tuju Angin, Teh Asiatica, dan Omega 3 Gel.

sumber : http://jahrudin.multiply.com/journal/item/4/Migrain

Hmm..  Baru inget, minggu lalu aku keseringan makan mie instan, udah gitu jarang olahraga, paling cuma jalan kaki atau lari-lari ngejar bus, hehe.. Mungkin itu kali ya penyebab nih migrain kambuh ngga sembuh-sembuh.

Udah niat pengen ke dokter malam ini, tapi aku coba-coba terapi cubit seperti di artikel itu dulu ah, lumayan ngefek juga, kali aja langsung sembuh. 😛

Senin, 15 Oktober 2012

Mimisan


Uci mimisan…!!!

Pagi ini dihebohkan dengan darah yang keluar dari hidung uci. Darah berwana merah segar itu mengalir tak henti-henti walaupun sudah diseka dengan tissue. Konon, darah itu bisa cepat berhenti dengan menggunakan daun sirih. Sayang, di dekat rumahku sudah tidak ada tanaman sirih.

Akhirnya aku menyuruh adikku untuk menengadahkan kepalanya agar darahnya cepat berhenti. Aku jadi teringat, waktu ke Jogja bulan lalu, tiba-tiba hidungku pun mengeluarkan darah, tanpa aku tau sebabnya. Menurut temanku, itu karena pengaruh perubahan lingkungan.

Kejadian ini menggelitikku untuk mencari tau segala hal tentang mimisan.

Mimisan, atau istilah medisnya epistaksis, pada asalnya merupakan kondisi ringan yang diakibatkan erosi atau pecahnya jalinan pembuluh darah di bagian dalam selaput lendir hidung. Mimisan paling sering disebabkan oleh keringnya selaput lendir hidung sehingga pembuluh darah menjadi rapuh dan dapat pecah oleh sedikit saja benturan atau gosokan.

Keringnya selaput lendir biasa terjadi pada kondisi udara yang kering. Seringnya mengorek-ngorek bagian dalam hidung, dan bersin atau mengeluarkan udara melalui hidung terlalu keras juga dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah hidung dan terjadilah mimisan.

Secara tradisional, orang Indonesia spontan akan menggulung selembar daun sirih (piper betle lynn) dan memasukkannya ke hidung bocah untuk menyumbat darah yang keluar akibat mimisan. Dalam sekejap, aliran darah dari hidung itu pun berhenti. Hal itu terjadi antara lain, karena daun sirih mengandung styptic yang bisa menahan perdarahan.

Menurut artikel health.detik yang dikutip dari Medicenet, ada beberapa teknik agar darah pada mimisan lebih cepat membeku:

  1. Cubit pada bagian lubang hidung dengan sangat lembut dan hati-hati memakai ibu jari dan jari telunjuk. Hal ini dilakukan untuk membendung aliran darah, setidaknya 5 menit.
  2. Cobalah bernapas melalui mulut
  3. Duduk dengan tenang dan jaga kepala lebih tinggi daripada jantung
  4. Jangan berbaring atau meletakkan kepala di antara kaki
  5. Kompres hidung dan pipi dengan es yang dibungkus handuk

*dari bebagai sumber*

Hmm.. Ternyata aku salah, harusnya kepala ditundukkan dan bukan ditengadahkan. Untung adikku ngga kenapa-kenapa. Lain kali harus lebih berhati-hati, jangan sok tahu. Hahaha…

Jumat,31 Agustus 2012