Tanya Jawab Matrik IIP #8

Sesi Tanya jawab

 

1⃣. Wiwit

Mohon berkenan pencerahan dari pengalaman para tim fasil agar tidak “gagal fokus”? karena saya tipe yang membuat target agak banyak untuk lebih memacu semangat saya dalam hidup. Dari pengalaman tim fasil yang idealnya sebaiknya berapa target dalam setahun. Apakah terkait dengan km.0 yang sudah kita tentukan misal 1 target 1 tahun (km1-km5). Jazakillah khairan katsiraa 😊🙏🏼

➡1⃣ Wiwit
Tentukan mana yang lebih prioritas. Hindari membuat daftar yang terlalu panjang. Kalau menurut saya pribadi. 1-3 kegiatan dalam kuadran Suka dan Bisa itu yang menjadi fokus kita. Nantinya dari kegiatan dalam kuadran 1 yang kita lakukan, bisa kita uraikan dalam seminggu, bahkan kita bisa evaluasinya dalam setahun. Buat indikator pencapaiannya. Kalau sudah berhasil dalam setahun, beri tanda ceklis. Lalu lanjutkan tahapan berikutnya yang mau kita capai. ✅
2⃣. Arssy
Materi diatas tertulis “lakukan apa yang kamu bisa dan suka”. Bagaimana kalau saya ingin bisa produktif (dalam artian menghasilkan uang, untuk sekarang hanya bisa berdagang) dan saya bisa tapi saya tidak begitu suka? Yang ada malah kadang jenuh dan merasa terbebani. Bagaimana saya harus menyiasati ini?

➡2⃣Arssy
Segera ubah.. “change it”.. Kalau kita tidak menyukai suatu kegiatan.. bagaimana kita bisa menghasilkan uang dari sana? Yang ada hanya rasa jenuh dan terbebani, itu pasti. Yang pertama kita pilih adalah hal yang kita sukai dulu. Coba mba Arssy perhatikan sejak dulu, hal apa yang mba Arssy sukai. Misalnya membuat kue, lakukan itu dengan sungguh-sungguh. Kalau ada yang tau ternyata kue mba Arssy enak, pasti ada orang yang pesan dan akhirnya menghasilkan. “Uang akan mengikuti Kesungguhan.. Bukan bersungguh-sungguh mencari uang”✅
3⃣. Tantia
Dalam materi di sebutkan buatlah prioritas dan pilihlah hal-hal yang kita perlukan, hindari daftar yang terlalu panjang idealnya berapa aktivitas yang bisa dilakukan agar tidak gagal fokus.

➡3⃣. Tantia
Sama dengan jawaban no.1. 1-3 aktivitas saja cukup membuat kita fokus dalam mencapai tujuan.
Misal:
-mendidik dan membersamai anak-anak
-melayani dan membangun komunikasi produktif bersama suami
-bekerja diranah publik.

Tentunya sesuaikan dengan passion, kuadran 1 & 2 aktivitas masing-masing, dan hasil strenght typology dari http://www.temubakat.com

 

4⃣. Feby
Selain “menarik benang merah” mulai dari nhw 1 s/d 7, dalam memulai mencari misi hidup dengan melihat tabel aktivitas kita, tepatkah jika kita memulainya bukan hanya dari aktivitas di kuadran “suka-bisa” melainkan juga “suka-tidak bisa” karena bisa saja sesuatu yang kita tidak bisa itu (tapi kita sukai) karena belum ada kesempatan untuk mempelajarinya secara khusus/mendalam?

➡4⃣ Feby
Bisa saja.. asal kita punya komitmen untuk mempelajari apa yang kita sukai, itu lebih mudah daripada memaksakan hal yang tidak kita sukai. Tinggal eksekusinya saja, kapan mau memulai hal itu (Manajemen waktu). ✅
Marie:
Mba, kalau di kuadran suka dan bisa kita bukan ahli misalnya tapi hanya sekedar suka dan bisa, gimana ya? Tetap harus berubah ke kuadran itu ya?

Narsum:
Kalau suka dan bisa berarti mampu mba marie..

BISA itu berkaitan dengan kemampuan
SUKA berkaitan dengan rasa
PENTING berkaitan dengan prioritas, waktu dan jam terbang
GENTING berkaitan dengan kondisi dan manajemen waktu

Yang harus dirubah jika kita tidak suka tapi bisa.
Nikha:
Mbak, kalo kita suka dan bisa tapi saat ini gak bisa rutin latihan-latihan karena terganjal belum ada waktu luang untuk latihan plus kondisi rumah yang bikin kita gak bisa konsen itu gimana ya mbak? Apakah masih bisa masuk ke kuadran suka dan bisa? Atau pindah ke suka dan tidak bisa (karena ada ganjalanganjalan tersebut)?

Narsum:
Biasanya yang kita suka dan bisa itu dapat kita lakukan sehari-hari mba Nikha..
Kalau belum ada waktu luang.. berarti manajemen waktunya yang harus di prioritaskan..
Q:
Mba zy bagaimana mengerahkan kekuatan untuk fokus dan runut mengerjakan sesuatu ya? Seringkali ide-ide berlompatan. suka dicatet list/coret-coret di notes, tapi muncul lagi yang lain..jadinya malah ga produktif. no action ideas only.. 😬 Belum lagi masih harus mengejar bunsay & buncek yang keteter… 🙈🙈😍

 

 

Narsum: Capai yang targetnya mudah dicapai terlebih dahulu.. Baru tingkatkan lagi sesuai apa yang mau dicapai selanjutnya yang sudah ditulis sebelumnya.. Targetnya pun harus kongkrit..
Misal:
-tahun ini saya ingin mengajarkan toilet training pada si bungsu.. dan itu masuk dalam aktifitas harian..
Atau.. Tahun ini saya harus bisa bikin kue tart.. (Yang suka dan bisa didahulukan.. baru yang suka dan tidak bisa)

Atau misalnya buat yang bekerja di ranah publik..
Tahun ini saya harus expert di bidang saya dengan mengikuti training yang berkaitan dengan profesi dan sebagainya.. Intinya.. setiap orang punya misi hidup yang berbeda yang sudah digariskan olehNya..
Tentunya yang sukses biasanya yang menyukai bidangnya..
Satu lagi contoh yang saya lihat dari kehidupan disekitar saya..
Biasanya.. pedagang yang sukses itu adalah dia yang memegang dan mengatur langsung penjualannya sendiri, kalau hanya sebagai pemberi modal, dan diserahkan ke orang lain (karyawan) agak lambat suksesnya.
#cmiiw
Belajarlah membaca kehendakNya. Kita ditakdirkan dalam keluarga kita saat ini untuk apa?
Hati kita yang bisa menjawabnya sendiri.
Be profesional, rejeki will follow..

 

===========///////==========

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s