#Putri Nur Fauziah Andriyanti_NHW#5

NICE HOMEWORK #5

MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH #2

📝 BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR📝 (Learning  How to Learn)

 

Setelah malam ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat Design Pembelajaran ala kita. Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan “learning how to learn” dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran. Bukan hasil sempurna yang kami harapkan, melainkan “proses” anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yang perlu anda share kan ke teman-teman yang lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

 

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/


#Putri Nur Fauziah Andriyanti#NHW5

Proses pembuatan NHW kali ini dimulai dengan mencari pengertian tentang metode pembelajaran. Dari hasil pencarian, terdapat beberapa model design pembelajaran. Dari 7 macam model yang saya temukan, saya rangkum dan dicari persamaannya. Akhirnya setelah membandingkan, terdapat beberapa point penting yang polanya berulang, sehingga dari situ, saya tetapkan design pembelajaran ala saya sbb:

DESIGN PEMBELAJARAN ALA PUTRI

  1. Identifikasi Karakter Awal Pembelajar
  2. Tujuan Pembelajaran
  3. Metode/Strategi Pembelajaran
  4. Alat dan Bahan Pembelajaran
  5. Pelaksanaan Pembelajaran
  6. Evaluasi Pembelajaran

—————————————————————–

  1. Identifikasi Karakteristik Awal

Saya merupakan tipe orang yang senang belajar dan sering kali penasaran terhadap hal baru yang belum pernah dipelajari. Saya punya kecenderungan pelit ilmu tapi terkadang juga punya keinginan besar untuk berbagi ilmu. Dalam proses belajar, saya akan penasaran bila menemukan permasalahan yang belum ditemukan jawabannya. Dan seringkali punya standar kepuasan tersendiri dalam menyelesaikan masalah. Saya lebih suka belajar mandiri daripada kelompok, tapi sangat antusias bila ada mentor. Tipe belajar saya cenderung visual, namun adanya audio bisa ikut membantu, dan lebih bagus lagi apabila ada alat peraga/belajar secara praktek. Cara memahami saya adalah dengan melihat secara garis besar, mengetahui konsep dan polanya serta membuat diagram.

Dalam jurusan ilmu yang saya pilih (Al-Qur’an, Sewing Craft, Parenting), posisi level saya berbeda-beda. Karena dari kecil saya sudah akrab dengan Al-Qur’an, maka diantara ketiga jurusan ilmu tersebut, level ilmu AL-Qur’an saya paling tinggi. Untuk membaca, insyaAllah sudah lumayan tartil, yang perlu difokuskan adalah tahfizh dan tafsir.

Level tertinggi kedua adalah craft, karena sudah mulai memegang mesin jahit sejak SMP. Namun, untuk craft sendiri baru mengenal sejak 2 tahun terakhir. Fokus pengembangan saya untuk ilmu ini adalah kerapihan atau akurasi produk dan bagaimana memicu kreatifitas diri sendiri.

Untuk ilmu parenting, baru mulai tertarik sejak mulai mengikuti seminar pra nikah dan kerumah tanggaan. Dibarengi dengan tidak mudahnya membimbing adik yang masih kecil, dari situlah mulai ingin mempelajari pendidikan Islam dan psikologi anak (saya ringkas menjadi ilmu parenting). Karena belum menikah, level saya masih dalam tahap teori dan mencari ilmu. Fokus selanjutnya adalah mendokumentasikan ilmu-ilmu tersebut dan mulai mempraktekannya pada adik-adik.

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan dari pembelajaran ini sesungguhnya adalah untuk menjadi Ibu Profesional, asal mula sebuah peradaban. Untuk membangun sebuah peradaban yang baik, maka diperlukan skill dan ilmu yang baik pula. Dan menurut saya, ketiga ilmu yang ingin saya pelajari lebih dulu merupakan ilmu dasar yang harus saya punya sebelum mempelajari ilmu yang lainnya.

 

  1. Metode/Strategi Pembelajaran

Strategi saya untuk mengembangkan ilmu Al-Qur’an adalah dengan mempelajari bahasa Arab yang merupakan bahasa Al-Qur’an. Dengan begitu diharapkan proses menghafal dan mempelajari tafsir akan lebih mudah. Selain itu, InsyaAllah akan rutin juga dalam tilawah sehingga bahasa Al-Qur’an menjadi semakin familiar di lidah dan pendengaran.

Untuk craft, strategi saya adalah dengan mengikuti komunitas berbasis sewing craft untuk mempelajari ilmu dari senior-senior di bidang sewing craft. Saya juga bisa mempelajarinya dengan mengikuti workshop atau kursus di moment-moment tertentu. Selain itu, saat ini ilmu juga sudah banyak bertebaran di media sosial.

Strategi untuk ilmu parenting saat ini masih berupa ikut group komunitas parenting atau yang senafas dengannya dan mencatat resume-resume kulwappnya. Juga dengan mengikuti seminar atau kajian offline bertema parenting yang berlokasi di sekitar rumah.

 

  1. Alat dan Bahan Pembelajaran

Untuk saat ini, media pembelajaran yang saya punyai adalah guru/mentor, media social (Facebook, Pinterest, Instagram, Blog, Google, WA, dll), buku durusul lughoh, Al-Qur’an terjemah, laptop, android, buku catatan dan alat tulis.

 

  1. Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran selama ini sudah mulai berlangsung. Untuk waktunya, masih belajar untuk konsisten dan memaksimalkan waktu lagi. Karena masih dibutuhkan dalam urusan kantor, maka minimal dalam satu minggu tersedia waktu untuk mempelajari ilmu tersebut. Misal, setiap hari Jum’at, ada kelas bahasa arab, setiap senin-selasa, mengikuti materi matrikulasi untuk bekal ilmu parenting, dan setiap minggunya menghasilkan minimal 1 karya sewing craft. Hari-hari lain diselipkan kegiatan-kegitan ringan yang bisa membantu dalam pembelajaran, seperti menjelajah pinterest, tilawah harian, dll.

 

  1. Evaluasi Pembelajaran

Selama ini, proses evaluasi jarang dilakukan secara rutin. Evaluasi pembelajaran bahasa arab bisa dilihat dari tes/ujian oleh ustadz, evaluasi hafalan bisa dilihat dari berapa halaman yang berhasil dihafal atau dimurajaah dalam sebulan. Evaluasi akurasi produk bisa dilihat dari tingkat kesulitan dan kerapihan saat menjahit suatu produk. Untuk kedepannya, mungkin evaluasi akan berupa hasil rekap/pencatatan dari checklist yang sebelumnya dibuat, dimana itu akan terkait langsung dengan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

 

 

Tinggalkan Balasan

