#Putri Nur Fauziah A_NHW1

📚NICE HOMEWORK #1📚

ADAB MENUNTUT ILMU

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi Ibu Profesional Batch #2, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.

Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW.

Dalam materi “ADAB MENUNTUT ILMU” kali ini, NHW nya adalah sbb:
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

*Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia*

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/


#Putri Nur Fauziah A_NHW1

  1. Dulu, menjelang kelulusan SMA, saya begitu bingung menentukan jurusan apa yang akan diambil dalam pengisian lembar SPMB. Namun, seiring usia, setelah melihat realita kehidupan dan kebutuhan, saya baru menemukan begitu banyak hal yang ingin dipelajari, terutama yang berkaitan dengan cita-cita saya: “Ibu Rumah Tangga biasa yang Luar Biasa”. Ilmu rumah tangga, parenting, pendidikan anak, kesehatan, komunikasi wanita dan pria, kuliner, design, shiroh nabawiyah, bahasa arab, dll. Keinginan untuk mempelajari banyak hal tersebut mendorong saya untuk mengikuti aneka perkuliahan informal baik offline maupun online (workshop, seminar, kulwap, dll). Namun pada akhirnya justru membuat saya tidak fokus dan tidak bisa benar-benar menguasainya. Sekarang saya mencoba untuk lebih rasional dan mendahulukan mempelajari ilmu yang lebih bisa berguna untuk kondisi saya saat ini. Dan karena Allah belum berkehendak untuk mempertemukan saya dengan jodoh saya, maka saya pinggirkan dulu keinginan terkait cita-cita saya itu dan memilih untuk lebih memahami dan mengembangkan kemampuan dan kreativitas saya di bidang craft and sewing.
  2. Kenapa? Karena sebagai awal untuk mencapai cita-cita saya, maka saya diharuskan untuk punya kemampuan berkarya dan menghasilkan sesuatu dari dalam rumah. Saat sebelum menikah, ilmu tersebut bisa digunakan untuk menafkahi diri sendiri. Setelah menikah, ilmu tersebut juga bisa digunakan untuk keluarga sendiri. Dan saat diri sendiri maupun keluarga sudah tertata rapi, maka ilmu tersebut bisa saya tularkan kepada orang lain sebagai tujuan akhir dari cita-cita saya: bermanfaat bagi sesama.
  3. Saya mengikuti komunitas crafter sesuai domisili. Mengikuti workshop, membeli buku craft, mencari sumber kreatifitas dan ilmu dari dunia maya, serta berguru langsung dengan sesama wanita yang sudah lebih dahulu berkecimpung di dunia craft and sewing.
  4. Saya ingin memperbaiki kebiasaan saya yang menunda-nunda pengaplikasian ilmu tersebut. Selama ini seringkali saya mencari dan mengumpulkan materi tapi tidak langsung mempraktikannya. Saya juga akan berusaha untuk tidak pelit ilmu dan menghormati “guru” yang secara langsung maupun tidak langsung telah menginspirasi saya.
2 thoughts on “#Putri Nur Fauziah A_NHW1

Tinggalkan Balasan

