Sensing introvert (Si)

Sensing introvert (Si) adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan lima indera yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju ke luar dirinya.

Orang Si memiliki kemampuan mengingat dan seolah tidak bisa diam, ingin selalu bergerak karena identik dengan otot. Oleh karena itu, tipe S lebih senang dengan jenis pekerjaan yang memerlukan keuletan dan pekerjaan berkeringat. Tipe S lebih memilih peran sebagai pemain yang berada di lapangan atau di panggung dibandingkan dengan menjadi orang belakang layar.

Jenis Si memiliki kelebihan yang otomatis berfungsi dalam cara kerjanya yang terbiasa efisien. Cara membelanjakan pengeluaran begitu hemat. Daripada disuruh berbagi terlalu besar, tipe Si memilih membantu dengan cara lain yang mengeluarkan tenaganya. Ia menolong orang dengan keuletannya.

Berkat rajin dan tidak mudah lelah, tipe Si memiliki jumlah koneksi hubungan sosial yang banyak. Dalam pikiran tipe Si, atas semua jerih payah yang dilakukannya, ia berharap dapat panen memetik hasilnya.

Sepuluh sifat yang tetap bagi orang Si adalah persistent, detailed, recorder, discipline, careful, spirited, encyclopedic, workaholic, timeful, dan indifferent.

Jika seorang Si ingin memperbaiki cara belajarnya, lakukan dengan merekam perbendaharaan istilah atau kata-kata (vocabulary) baru. Penggunaan alat peraga juga sangat penting karena penampakan secara visual akan memperbanyak rekaman informasi ke ingatannya. Mencoba langsung atau mengalami sendiri merupakan proses belajar yang paling efektif bagi tipe Si. Istilahnya belajar sambil bergerak.

Cara paling jitu untuk membangkitkan motivasinya untuk belajar dan bekerja yaitu jika diberi sparring (teman berlatih yang sekaligus menjadi pesaingnya).

Prioritas utama jika ingin memilih jurusan dan memilih profesi sebaiknya diarahkan pada satu diantara lima pilihan industri berikut: keuangan, bahasa, transportasi, perdagangan, dan hiburan.

Patokan bagi tipe Si jika ingin memilih jurusan ataupun profesi adalah dengan mempertimbangkan empat kata kuncinya, yaitu: mengingat, otot, rajin, dan tergerak.

Secara pribadi yang utuh, tipe Si memiliki sisi-sisi diametral sebagai berikut: penuh ambisi namun mudah patah, penurut namun muncul rasa persaingan, berjiwa pesiar namun ingin selalu didampingi sparringnya, menjadi kamus atas segala problematika namun terkadang ‘blank’, cenderung kronologis dan fakta sentris meski terkadang seperti bola liar dan tiba-tiba meyakini telepati, pelakon yang percaya diri namun terkadang menjadi pencemas, memang ulet dan tersusun namun disertai dengan bawel seperti Mr. Printilan.

*dikutip dari bukunya*

10 thoughts on “Sensing introvert (Si)

    • Weeh, aku ya ndak tau lah om. Kan om sendiri yg bisa nilai, apakah seperti itu/engga. Tapi kalau mau pastinya sih mendingan tes aja om, hehe..

      Tipe kepribadian lain menyusul ya om. Step by step. Kalau sekaligus takutnya pada bosen.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s