Penjelasan Hasil Tes STIFIn


Judul Buku : Penjelasan Hasil Tes STIFIn, mengenali cetak biru hidup anda

Penulis : Farid Poniman

Penerbit : PT STIFin Fingerprint

Dimensi : 20 cm x 14,5 cm

Halaman : 92 + iv

Tanggal beli : –

Harga : –

Review :

Tes stifin adalah tes yang dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh ujung jari anda. Sidik jari tersebut kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak yang dominan sebagai sistem-operasi sekaligus menjadi mesin kecerdasan.

Disamping itu, dapat diprediksi pula letak dominasi mesin kecerdasannya, ada di lapisan otak berwarna putih atau berwarna abu-abu, yang merupakan kemudi dari mesin kecerdasan itu sendiri.

Mesin kecerdasan dan personaliti ini keduanya genetik dan tidak pernah berubah. Namun demikian, terdapat banyak lagi personaliti-personaliti lain yang tidak genetik dan dapat berubah.

Terdapat perbedaan dalam menentukan konsep dominasi otak antara konsep STIFIn dengan konsep kecerdasan yang lain.

Konsep kecerdasan yang lain menggunakan pendekatan mengukur kapasitas perangkat keras otak. Menurut mereka, belahan otak dengan kapasitas paling besarlah yang dianggap dominan.

Sedangkan konsep STIFIn, menganganggap yang paling dominan adalah yang paling kerap digunakan, paling aktif berfungsi, paling otomatis digunakan, dan menjadi bawah sadar manusia. Konsep STIFIn menyebutnya sebagai sistem operasi otak.

Ada kalanya belahan otak yang berfungsi sebagai sistem operasi otak juga sekaligus memiliki kapasitas paling besar. Namun, tidak selalu begitu. Maka, jika konsep kecerdasan mendasarkan pada sistem operasi otak, akan menjadi lebih selamat karena menemukan jalan hidup yang ‘gue banget’.

Begitu mengetahui belahan dan lapisan otak yang dominan, ternyata banyak sekali paket informasi yang bisa dikuak, mulai dari metabolisme tubuh, struktur tubuh, kekuatan dan kelemahan diri, pasangan kemistri unsur alam, cara belajar, kesesuaian profesi, cara bekerja, cara berhubungan, dan cara sukses menjalani hidup.

Konsep STIFIn membagi kepribadian menjadi 9, yaitu Si (Sensing introvert), Se (Sensing extrovert), Ti (Thinking introvert), Te (Thinking extrovert), Ii (Intuiting introvert), Ie (Intuiting extrovert), Fi (Feeling introvert), Fe (Feeling extrovert), dan In (Insting)

*penjelasan lebih lanjut di next post*

Buku ini dengan yang sebelumnya sama-sama merupakan bawaan dari Tes STIFIn. Perbedaannya, buku yang pertama lebih umum, sedangkan buku ini fokus menjelaskan secara detail ke-9 kepribadian ala STIFIn.

Rating : Good–Better–Best

Iklan

8 thoughts on “Penjelasan Hasil Tes STIFIn

  1. saya masih belum tahu penjelasan logisnya bagaimana sidik jari bisa ke kepribadian. Cari di berbagai jurnal ilmiah juga belum bisa ketemu penjelasannya, maka saya jadi kurang interest dengan stifin

    • Hehe.. Waah, kalau itu, aku jelas bukan ahlinya. Mungkin bisa di search aja, barangkali ada yang bisa menjabarkannya secara ilmiah.

      Tapi sebenarnya STIFIn ini bukan menggambarkan kepribadian. Tapi menilik belahan dan lapisan otak mana yang lebih dominan. Dan itu genetik. Kalau genetik kan berarti sangat mungkin donk kalau itu ditilik dari sidik jari.

      Tapi ya aku ngga berani menjabarkan lebih jauh, belum ada ilmu. 😉

      ngga tertarik juga tak apa kok. Hanya mau mereview buku, sekaligus bayar utang uraian isi bukunya ke om lambang. Hehe..

  2. Ping-balik: Sensing introvert (Si) | My sToRy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s