Tes STIFin

Ada yang tau apa itu Tes STIFin???
Tes STIFin adalah tes yang dilakukan dengan cara men-scan kesepuluh ujung jari kita. Tes ini bertujuan untuk mengetahui mesin kecerdasan kita dan kemudinya, apakah kemudinya introvert (i) atau ekstrovert (e). Mesin kecerdasan dengan kemudi i atau e inilah yang kemudian disebut sebagai personaliti. Mesin kecerdasan dan personaliti ini keduanya genetik tidak pernah berubah sepanjang hidup kita. Untuk lebih jelasnya, baca aja bukunya.
Dan inilah hasil tes jari-jariku…

Tipe Anda :

Ii (Intuiting Introvert)

Intisari tentang anda :

Kecerdasan anda INTUITING yang berarti merujuk kepada indra keenam anda, yang sekaligus menjadi otak kreatif anda. Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga anda cenderung menjadi trendsetter di lingkungan profesi anda.

Kemistri ngekilik secara alami : (menerbangkan) KATA

Cara Belajar : memahami konsep dengan ilustrasi, grafis, film, dan menyukai bahasa tubuh.

Meningkatkan minat belajar : ditantang dengan memvisualkan ‘big picture’

Keutamaan SEKOLAH menuju karir di INDUSTRI yang sesuai :

Marketing/Periklanan, Lifestyle/Mode, Penerbangan, Agro-Forestry

Sekolah menuju PROFESI pilihan lainnya :

Pengusaha/Investor, Bisnis Pendidikan/Pelatihan, Penulis Sastra, Cinematografis, Detektif, Seniman, Pengusaha, Peneliti Sains Murni, Fisikawan Quantum, Pencipta Lagu, Reengineering, Proyeksi, Peramal Bisnis, Pemain Saham, Investor, Filosof, Pakar Pembelajaran/Pemodul, Event Organizer, Produsen, Desainer,Ahli Kreatif Berbagai Bidang, Arsitek, Sutradara, Pelukis Abstrak, Pesulap, Peramal, Pialang Saham, Atlit, (Sprinter/Pertandingan), Pelatih Olahraga Pertandingan, Penyembuh, Cenayang, dll.

Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai dari anda sendiri:

Berpikir positif namun sekaligus mengkhayal ala ‘time tunnel’ seolah0olah semua bisa terjadi, menyenangkan sebagai mitra bisnis namun tidak suka bicara pribadi, percaya diri sangat tinggi namun memacu ‘mesin’nya terlalu cepat seolah tanpa rem, atraktif dan estetik namun terkadang melewati jamannya, meski mahir membuat konsep tapi juga menguasai pekerjaan hilirnya namun menjadi terlalu masa-bodo dengan lingkungannya, terbuka dengan perbedaan pendapat namun tetap keras kepala dengan keyakinannya.

 Jakarta, 19 November 2011

Pertama keluar hasilnya, aku langsung teriak, komplain (kebetulan dosenku yang mengenalkan Tes STIFin ini). Kenapa komplain? Soalnya orang tipe Intuiting Introvert (Ii) ini terkenal dengan kreativitasnya. Whaaaattt?? Yang bener aja, aku ngga merasa kreatif, dan banyak lagi rasanya hasil yang tidak cocok dengan pendapat aku pribadi dan tes psikologi sebelumnya, dan sebelumnya lagi. Dan lihatlah jenis sekolah yang diutamakan, MARKETING, oh My God, aku kan anti hal-hal yang berbau marketing atau nawar-nawarin, lebih ke Sales sih sebenarnya. Tapi dosenku dengan sabar menjelaskan kalau memang inilah hasil yang sesungguhnya paling sesuai dengan aku, karena hasilnya pun dari sidik jari, dan sidik jari kan ngga mungkin berubah-ubah. Ibarat ingin menuang isi dari sebuah gelas, kalau ngga ada isinya apa yang mau dituang? Begitu juga dengan aku, kenapa selama ini merasa ngga kreatif? Karena jarang ‘mengkonsumsi’ hal-hal yang kreatif, ibarat gelas, otakku masih kosong, jadi apa yang mau dikeluarkan?

Hmm… dipikir-pikir, benar juga sih apa kata dosenku, dan lagipula dari kecil aku memang sebenarnya suka mengkhayal. Akhirnya aku disarankan untuk membaca buku STIFinnya dulu supaya mengerti bagaimana itu tipe Intuiting Introvert (Ii). Dan setelah aku baca, ternyata ya begitulah, sepertinya memang tes ini benar. Hehe… Cekidot…

Profil orang I (Intuiting):

  •       Perhatiannya pada gambaran umum
  •       Mengolah informasi berdasarkan intuisi
  •       Lebih berminat pada pemahaman imaginatif
  •       Abstrak dan teoritis
  •       Melihat pola dan makna
  •       Orientasi pada masa depan
  •       Mulai dari mana saja
  •       Menyukai kemungkinan untuk berdaya cipta
  •       Mengandalkan inspirasi
  •       Pola bicara beragam, menggunakan banyak kalimat perbandingan
  •       Memiliki pikiran yang berputar namun terpola
  •       Figuratif, menggunakan analogi dan metafora
  •       Menggunakan bahasa untuk mengekspresikan diri sendiri
  •       Memberi ruang, alternatif, dan tidak cepat menyimpulkan
  •       Tertarik pada pekerjaan yang melibatkan kreatifitas
  •       Menyukai cerita fiksi
  •       Berbicara hanya hal-hal besar dan strategis
  •       Memiliki visi ke depan
  •       Cenderung untuk menyelesaikan kalimat orang lain
  •       Tampak intelek atau berkelas

I (Intuiting) itu ibarat kayu. Kayu pohon tumbuh dan bergerak vertikal. Kayu pohon tumbuh, hidup, dan menghasilkan buah. Kayu seperti tidak pernah berhenti tumbuh ingin mencapai langit. Dan juga kayu tumbuhan indah dan sedap dipandang mata. Jika orang ingin mencari lambang kreativiti, maka simbol yang digunakan adalah pensil kayu, bukan ballpoint. Demikian juga benda-benda kreatif bahkan rumah kreatif dibuat dari kayu. Kayu memiliki kekuatan sekaligus fleksibilitas. Kayu menghadirkan kreatifitas. Gerakan kayu yang cenderung bergerak vertikal ke atas seakan mencapai langit, ibarat penuh optimisme sedang melompat mengejar masa depan. Kayu menciptakan kreativitas. Kreativitas lambang kualitas ilmu. Orang I : optimis, kreatif, berkelas, kuat, fleksibel seperti kayu, memiliki keindahan seperti jari manis. Jari manis adalah bagian jari yang paling susah digerakkan, namun bentuknya indah, tempat meletakkan cincin. Orang I, kemistrinya kepada ilmu, kreativitas, gagasan, solusi yang diwakili dengan unsur ‘kata’.

Unsur Alam Semesta : Kayu

Simbol jari : Jari manis

Unsur Kepemilikan : Kata

Habitat Alam : Pohon besar-besar, suhu dingin

Habitat Sosial : Masyarakat Ekslusif

Habitat Industri : Industri Lifestyle

Tantangan menghidupkan standar : Perfeksionis yang ke-pede-an

Jenis penyakit fisik dan mental : paru-paru/udara, intisari/dasar lingkungan

Profil Ii (Intuiting Introvert):

Kepribadian yang selalu mempersepsi keadaan secara positif. Meskipun mereka positivis anehnya mereka seperti memiliki mesin ‘time tunnel’ yang seolah-olah kemanapun mereka mau pergi tinggal pencet tombol, sesuatu yang berlawanan dengan positivismenya mereka. Memiliki privasi yang kuat, ‘tidak ember’, mampu menyimpan rahasia pribadinya rapat-rapat namun mereka juga menyenangkan dijadikan sebagai mitra bisnis tanpa harus masuk ke wilayah privasi. Keyakinannya yang kuat terhadap dirinya kerapkali mendudukkan dirinya sebagai pahlawan bagi sekitarnya. Keyakinannya sering berlebihan meskipun sebenarnya mereka punya kemampuan untuk sadar diri terutama ketika berinteraksi dengan orang lain. Jika diibaratkan kendaraan, mereka adalah jenis kendaraan tanpa rem. Hantam terus. Melaju terus. Hanya ketika sudah mentok tidak berhasil mencapai tujuannya mereka langsung jatuh down. Untuk memulihkan dari down-nya ini tidak mudah, karena mereka baru menabrakkan kendaraannya tanpa rem. Letak kehebatannya adalah pada kemampuannya membuat konsep dan begitu perfeksionis ketika mereka menjalani konsepnya. Kalau perlu mereka bersedia untuk turun tangan meskipun mereka konseptornya. Jenis kepribadian yang super keras kepala, meskipun demikian mereka terbuka untuk berbeda pendapat. Mereka sangat romantis, lucunya mereka juga ‘anak mami’.

Tokoh Ii : Luis Figo, Rano Karno, Carissa Putri, Marissa Haque, Widyawati, Sri Mulyani, Riri Riza, Taylor Swift, Julia Robert, Leonardo DiCaprio.

Lalu bagaimana menurutmu? Tepatkah hasil Tes STIFin ini untukku?? ^-^

Iklan

16 thoughts on “Tes STIFin

  1. Ping-balik: Stifin again | My sToRy

  2. Ping-balik: Test Psikologi (kedua) | My sToRy

  3. mbak klo boleh tau apa judul lengkap bukunya n siapa pengarangnya? sy sedang perlu referensi untuk menangani murid sy. terimakasih infonya 🙂

  4. gimana sekarang mb? setelah kaget dg tes stifin-nya? apa sudah ada “kejutan” baru? hihihi… btw saya baru tes stifin kemarin, dan dapat sama kayak mb… hihi… share dong mba… salam kenal, makasih 🙂

  5. Ping-balik: Identitas Jari Jemari | Jari Menari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s